Translate

Friday, March 23, 2018

Cara Menggambar Grafik Matematika dengan Microsoft Word III "dengan Microsoft Mathematics Add In for Word and One Note"

Sebelumnya saya telah menuliskan bagiamana menggambar grafik dengan menggunakan fasilitas "Graphic", dengan memasukkan beberapa titik koordinat.

Namun bagaimana jika itu adalah persamaan yang kompleks, seperti persamaan dengan pangkat 3, 4,....dsb, atau persamaan trigonometri. Berapa banyak titik koordinat yang harus kita masukkan?...

Solusinya yaitu dengan menggunakan Microsoft Mathematics Add In for Word and One Note

Saat kita menginstal word pertama kali tentu saja aplikasi ini belum ada, maka harus ditambahkan terlebih dahulu. Langsung saja searching ketikkan microsoft mathematics for word and one note. 

Atau klik link di bawah in, jika menggunakan word 2007:

jika word yang digunakan word 2013, maka klik link di bawah ini:

MENGGAMBAR GRAFIK DARI SEBUAH PERSAMAAN

Misalkan kita akan menggambar grafik dari persamaan y=x2+2x+5, maka langkah-langkahnya yaitu: 

Langkah 1: Menulis Persamaan
ketikkan persamaan y=x2+2x+5 di bagian “Equation” yaitu di menu Insert lalu pilih equation. 



Langkah 2: Mulai Menggambar Grafik
Untuk menggambar grafiknya, tidak perlu berpindah ke bagian menu “mathematic”,  langsung saja di bagian Equation tool ini, karena sudah ada bagian-bagian dari menu mathematic.
Langsung saja pilih “Graph” lalu pilih “Plot in 2D”. Karena memang grafik dari persamaan kuadrat y=x2+2x+5 adalah berupa grafik 2D (2 dimensi). Lihat panah berwarna kuning yang menghadap ke kanan. 


 
Setelah itu akan muncul tampilan grafik dari persamaan kuadrat y=x2+2x+5
Yaitu :


Langkah 3: Design grafik
Pada tampilan grafik pada langkah 2, terlihat bahwa tampilan grafiknya tidak biasa, ya bilangan-bilangannya terletak di bagian pinggir grafik pada sisi kanan, kiri, atas, dan bawah. Jika bingung dengan tampilan seperti ini kita bisa mengubah tampilannya.

Untuk mengubah tampilan grafik ada pada bagian “Display”.
5 macam pilihan urut dari sebelah kiri yaitu :
Display 1: Show/Hide Axes, yaitu untuk menampilkan atau menyembunyikan garis bilangan, garis x dan y
Display 2: Show/Hide Outer Frames, yaitu untuk menampilkan atau menyembunyikan garis di pinggir-pinggir grafik.
Display 3: Show/ Hides Grid Lines, untuk menyembunyikan grid, yaitu garis kotak-kotak pada grafik.
Display 4: Proporsioanal Display/ Maximize Display, yaitu untuk menampilkan tampilan grafik yang besar atau proporsional.
Display 5: Plotting Range, untuk mengatur bilangan maximum dan minimum pada sumbu x dan sumbu y, sesuai keinginan kita.

Tampilan grafik pada langkah 2, akan saya ubah tampilannya dengan klik pada bagian bernomor 2 dan 4, yaitu dengan menghilangkan garis-garis pinggir dan mengubah grafik ke tampilan proporsional, sehingga menjadi :


Langkah 4: Save atau Insert
Setelah tampilan yang kita selesai dengan tampilannya grafiknya selanjutnya yaitu ingin menyisipkan langsung grafik ke halaman yang sedang kita kerjakan atau mau menyimpannya sebagai gambar.

Jika ingin menyimpannya sebagai gambar maka pada bagian general pilih “Save Graph as Picture”, lalu simpan di tempat yang diinginkan.
Jika ingin menyisipkan langsung ke halaman kerja word yang sedang kita kerjakan maka langsung saja klik “insert” yang berada di bagian bawah.

 Mudah bukan caranya...


Dengan Microsoft Mathematics Add In for Word and One Note ini, kita bisa menggambar grafik dengan mudah dari mulai grafik persamaan lingkaran, parabola, oval, dll. Bahkan kita bisa menggambar grafik matematika dari persamaan yang rumit sekalipun, seperti grafik dari persamaan trigonometri, dan grafik dari persamaan dengan tiga variabel (grafik 3 dimensi).  

Jika merasa kurang puas dengan tampilan grafiknya, kita tidak bisa mengubah sesuai keinginan kita seperti mengubah warna garis, jenis garis, ketebalan garis, dll, seperti yang bisa kita lakukan pada fasilitas grafik bawaan pada microsoft word. Namun kabar baiknya dengan ini kita tidak perlu lagi memikirkan tentang berapa banyak titik koordinat yang perlu dimasukkan, karena kita tinggal memasukkan persamaannya dan grafik langsung muncul, pekerjaan kita jadi lebih mudah dan menghemat waktu.

 Sekian...

Terima kasih, semoga bermanfaat...

3 comments:

  1. aku coba kenapa ga bisa ya ka? apa ada yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bisa kok. Kamu yang gak bisa dari bagian apa?

      Delete
  2. kak kok di word saya ga ada pilihan graph di equations nya ya? saya pake word 2019

    ReplyDelete